::
you're reading...
aqidah

DOA DAN CARA SEDERHANA MELATIH KEIMANAN KITA

Assalamualaikum wr wb
Alhamdulillah kawan-kawan ku yang Insyaallah selalu dalam keadaan berbahagia dalam indahnya nikmat iman dan islam. Marilah kita senatiasa meningkatkan iman dan taqwa kita, saya dan kawan-kawan sekalian sehingga menjadi golongan orang-orang yang mendapat kasih dan sayang Allah SWT. Semoga sholawat dan salam tetap terlimpahkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, atas jasa-jasanya membawa agama islam sebagai agama yang paling diridhoi Allah.

Well, kawan-kawan pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya yang pernah saya peroleh sewaktu dahulu saya masih belajar di Taman Pendidikan Al Quran. Tulisan ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Iman sering kita artikan sebagai rasa percaya akan keberadaan Allah SWT. Namun apakah cukup sampai disana saja definisi dari iman?? Iman adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan memperbuat dengan anggota badan (beramal). Dengan demikian iman kepada Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT itu ada, Allah Maha Esa. Keyakinan itu diucapkan dalam kalimat :

أشهد أن لاإله إلا الله

“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah”

Sebagai perwujudan dari keyakinan dan ucapan itu, harus diikuti dengan perbuatan, yakni menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Pengabdian kita kepada Allah adalah pengabdian dalam bentuk peribadatan, kepatuhan, dan ketaatan secara mutlak. Tidak menghambakan diri kepada selain Allah, dan tidak pula mempersekutukan Nya dengan sesuatu yang lain. Itulah keimanan yang sesungguhnya.

Berdoa misalnya, berdoa merupakan perwujudan dari keimanan kita. Betapa kita percaya bahwa doa yang kita panjatkan hanya padaNya akan diterima. Akan dapat menodai keimanan kita jika kita berdoa tetapi kita tidak yakin diterima. Allah akan melihat tingkat kesungguhan kita dalam memohon kepadanya.

Nabi saw bersabda:
“Bermohonlah kepada allah dengan penuh keyakinan akan terkabul dan ketahuilah bahwa Allah takkan mengabulkan doa orang yang tak sungguh-sungguh” (HR. Thirmidzi).

Selain sarat keinginan yang sungguh-sungguh dengan penuh keyakinan akan dikabulkan oleh allah, maka syarat lain agar doa kita diterima adalah kesabaran, tidak buru-buru minta segera dikabulkan seakan-akan allah sebagai pelayan atau buruh yang menerima gaji.

Pernah Rosulullah bersabda:
“Doamu pasti dikabulkan jika tidak terburu-buru berkata : saya telah memanjatkan doa tetapi tidak dikabulkan”.

Pengalaman saya yang saya dapatkan dari ustadz saya dulu, untuk melatih keimanan dan ketajaman hati kita yaitu dengan MERENCANAKAN BANGUN TENGAH MALAM, tentunya tanpa menggunakan produk hasil teknologi seperti jam alarm, weker atau handphone .
Lalu bagaimana caranya? Apa manfaat yang kita peroleh dari kegiatan ini???

Tenang dulu kawan…
Sabar-sabar…

Kegiatan ini selain melatih keimanan kita dengan hal yang mudah dan sederhana namun juga dapat melatih kita mengurangi ketergantungan pada teknologi (alat-alat tersebut). Tapi bagaimana melatih hati dan pikiran kita untuk selalu dekat dengan Allah yaitu berusaha untuk mengingat-Nya. Dan langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan jam berapa kita ingin bangun tidur. Misalnya jam 03.00. Kemudian niat itu kita ucapkan dengan penuh penghayatan hati bahwa kita akan bangun pada jam yag kita rencanakan. Kita berdoa, mohon dengan sungguh-sungguh agar Allah membangunkan kita pada jam tersebut. Dengan keyakinan sepenuhnya bahwa jam 03.00 kita akan bangun maka Insyallah kita akan mendapati diri kita terjaga pada jam tersebut. Dan saya pun telah membuktikannya dan sekarang giliran anda. Anda pun bisa membuktikannya :-), mulai hari ini, mulai malam ini, Insyallah :-).

Oke, kawan-kawan mungkin artikel dan cerita dari saya cukup disini. Artikel yang singkat ini mudah-mudahan menjadikan aqidah dan keimanan kita senantiasa tertuju pada Allah, baik disaat tidur atau disaat terjaga. Di saat senang atau pun di saat susah, dan hingga nanti kita kembali kepada sisi Allah.
Waallhu a’lam bishowab.
Wassalamualaikum wr wb.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TIME

Tanggalan

November 2011
S M T W T F S
« Apr   Dec »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Thanks

Terimakasih Atas Kunjungannya, Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Komentarnya Ya ...
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: